Mutiara Hikmah

Sunday, August 27, 2006

Ibadah Malam

Tiga kelompok manusia yang dicintai dan dikagumi Allah dan diberi kabar gembira oleh Nya adalah seseorang yang mempunyai istri cantik dan peraduan yang nyaman nan indah. Kemudian ia terbangun diwaktu malam untuk beribadah. Terhadap orang itu Allahh berkomentar “ Dia meninggalkan syahwat untuk beribadah kepadaKu, padahal, jika mau ia dapat terus menikmati tidurnya.”

Dan orang yang sedang berada dalam perjalan bersama rombongan. Kemudian ia tidak tidur malam kecuali sedikit. Dan dia isi malamnya dengan ibadah , baik dalam kesulitan maupun kesenangan. (HR.Thabrani).
Manusia diciptakan Allah SWT. adalah untuk beribadah kepadaNya. Ibadah merupakan bentuk pengabdian seorang manusia di bumi ini. Beribadah bukan berarti mamalingka diri dari perkara dunia, tetapi menyelaraskannya dengan rambu agama mulia.

Dan carilah pada apa yang tidak dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari kenikmatan duniawi. Dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi ini. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS.Al-Qashash:77)

Dalam ayat lain dijelaskan,”Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan(QS.An-Naba’:9)

Semua lini kehidupan dapat menjadi lahan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. profesi apapun dapat dilakukan selama itu tidak melenceng dari tuntutan agama.

Ibadah tidakterikat oleh ruang, waktu atau batasan lainnya,. Sesorang bisa melaksanakan kapanpun dan dimanapun berada. Akan lebih baik jika seseorang meberikan waktu khusus untuk beribadah.

Beribadah dengan menentukan waktu khusus seperti di tengah malam adalah sangat baik. Malam adalah saat yang tepat untuk merenung, berpikir jernih tentang hakikat diri kita dan segala bentuk problematika hidup.
Setelah sekian jam sekolah dan belajar disiang hari, malam digunakan untuk beristirahat. Ada baiknya jika menyisihkan sebagian malam untuk menemukan keagungan Allah SWT.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan diwaktu malam “Dan sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat terpuji. (QS. Al-Isra’:79). Ibadah diwaktu malam dapat menambah kekhusuan seseorang.”sesungguhnya bangun diwaktu malam adalah lebih tepat untuk khusuk dan bacaan diwaktu itu lebih berkesan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home